NORMAN FOSTER



Norman foster

Norman Robert Foster, seorang arsitek yang berasal dari Inggris dan salah satu perancang bangunan yang produktif dan berkantor di Inggris Tengara. Pada tahun 2009 Foster dianugerahi Penghargaan Prince of Asturias dalam kategori Seni. Seorang Arsitek dengan gaya arsitektur visionary.


Norman Foster lahir diManchester, Inggris thn 1935. Dibesarkan oleh lingkungan keluarga tanpa tradisi pendidikan yang tinggi. Sejak kecil Foster sudah menunjukkan ketetarikannya di dunia arsitektur, Foster meninggalkan sekolah di usia 16 tahun, dan bekerja di kantorNational Treasure di Manchester City sebelum bergabung dengan keamanan nasional di pasukan udara kerajaan Inggris. Setelah berhenti, di 1956 Foster melajutkan studi di Universitas Manchester Sekolah Arsitektur dan Perancangan Kota (lulus di 1961). Kemudian ia memenangkan beasiswa ke Yale Scholl of Architecture pada tahun 1961,dimana dia bertemu mantan rekan bisnisnya Richard Rogers dan meraih gelar masternya di bidang Arsitektur.



“Great architecture should wear its message lightly”
Arsitektur yang hebat seharusnya mengenakan pesannya dengan ringan. 



Foster kemudian berkelana ke Amerika selama setahun, dan kembali ke Inggris dengan ketertarikan tinggi dari karya-karya Charles and Ray Eames. Di tahun 1962 ia membuat Praktek Arsitektur bernamaTeam 4 bersama dengan Richard Rogers , Georgie dan Wendy Cheesman.

Team 4 yang digawangi Norman Foster dengan cepat meraih reputasi untuk  desain Industry High Tech (High Tekhnologiyang menjadi ciri dalam setiap desainnya. Setelah Team 4 berseberangan jalan di thn 1967 foster, dan Wendy Cheeseman mendirikan asosiasi baru yang dinamakan Foster and Partners di tahun 1990. 

Arsitek dengan style arsitektur visionary” 

Arsitektur Visionary merupakan salah satu nama yang diberikan untuk arsitektur yang ada hanya di atas kertas atau yang memiliki kualitas visioner. Arsitektur Visionary yang terkonsentrasi pada awal abad ke-20, diwarnai oleh arsitek-arsitek pengguna teknologi ekstrim dan terkadang di luar kebiasaan tradisi saat itu atau boleh dikatakan mengistimewakan konteks hi-tech. Arsitektur Visionary model bangunannya beragam, biasanya tidak bisa terbangun sama sekali namun kadang juga bangunannya mungkin hampir bisa dibangun. Selain konsep teknologi yang terlalu maju dalam pandangan surreal, Era digital dan kebangkitan cyberspace juga memengaruhi proses berpikir atau gagasan. Meski tidak bisa dibangun tetapi imajinasinya selalu menantang dan menjadi terobosan pemikiran.


Ciri Arsitektur Visionary :
1. Memiliki bentukan yang ekstrim
2. Tidak terikat oleh aturan-aturan lama (tradisional)
3. Hi-Tech (menggunakan teknologi yang sangat canggih)
4. Konsep bangunan dengan imajinasi yang menantang (pendobrak
5. Pola pikirnya adalah optimis dalam berkarya 





PENGHARGAAN

•Mendapat gelar kebangsawanan pada 1990
•Pritzker Architecture Prize 1999
•Dua kali juara Stirling Prize
(American Air Museum di Imperial War Museum Duxford pada tahun 1998, dan yang kedua untuk 30 St Mary Axe
pada tahun 2004.)
•Fellow Chartered Society of Designers 1999
•Minerva Medal 1999
•Aga Khan Award 2007
The Prince of Asturias Award 2009 

CRYSTAL ISLAND

Crystal Island adalah proyek pembangunan yang diusulkan di Moskow, Rusia yang saat ini direncanakan memiliki luas sekitar 2.500.000 m2 dan tinggi 450 m. Jika bangunan ini selesai dan berhasil di bangun, bangunan ini akan menjadi karya terbesar bagi norman foster dan patner.

Fungsi bangunan :
Musium , Kantor , hotel , apartemen , ritel serta sekolah internasional untuk 500 siswa

KONSEP


Bangunan akan didukung oleh built -in panel surya dan turbin angin.
Sinar matahari siang hari akan dapat menembus jauh ke bagian dalam " tenda " , dengan panel eksternal dibuka di musim panas dan ditutup untuk melestarikan panas di musim dingin , ketika suhu di Moskow bisa drop hingga minus 30C

Bangunan luar biasa ini akan menaungi sebuah gereja  yang dilindungi oleh UNESCO di kawasan Kolomenskoye.
(Aleksei Klimenko , anggota terkemuka dari Moskow dewan pakar arsitektur) 




" Ini adalah paradigma kompak , mixed-use , perencanaan kota yang berkelanjutan , dengan strategi energi yang inovatif . “
(NORMAN FOSTER) 

GRENKIN BUILDING

sebuah gedung di pusat kota  London, di bangun, Desember 2003 dan dibuka pada akhir Mei 2004. Dengan 40 lantai, menara ini memiliki tinggi sekitar 180 meter (591 kaki), dan berdiri di bekas tempat gedung Bursa Baltik, yang rusak parah pada tanggal 10 April 1992. 

Bangunan ini menggunakan metode hemat energi yang memungkinkan untuk menggunakan setengah kekuatan sebuah menara yang sama biasanya akan mengkonsumsi. Kesenjangan di setiap lantai membuat enam lubang yang berfungsi sebagai sistem ventilasi alami untuk seluruh bangunan bahkan firebreaks meskipun diperlukan pada setiap lantai.


Metode utama untuk mengontrol angin adalah dengan meningkatkan kekakuan, atau meningkatkan redaman dengan peredam massa aktif. struktur perimeter segitiga yang membuat bangunan cukup kaku tanpa bala bantuan tambahan. Walaupun bentuk kaca melengkung secara keseluruhan, hanya ada satu potongan kaca melengkung pada bangunan tutup berbentuk lensa di bagian paling atas. 




LONDON CITY HALL

Bangunan ini berlokasi di inggris di bangun tahun 1998 -2003 berfungsi sebagai kantor pemerintahan .
Bangunan ini memiliki karakter sebagai bangunan modern lingkungan  dengan bentukan menyerupai telur dengan konstruksi yang di dominasi kaca. 



Bangunan memiliki bentuk yang tidak biasa , bentuk bulat , konon dimaksudkan untuk mengurangi luas permukaan, dengan demikian akan meningkatkan efisiensi energi , meskipun konsumsi energi berlebih yang disebabkan oleh penggunaan kaca.















STANSTED AIRPORT

Bangunan ini berlokasi di Londen Inggris, di bangun pada tahun 1991 berfungsi sebagai
 bandara yang memiliki karakter Hight tech yang menonjolkan sisi teknologi bangunan
yang mutahir dengan kolom yang  Elegan yang di interpretasikan dari ranting – ranting pohon.
Struktur dari bangunan ini Menggunakan struktur Frame baja.

Fasilitas bandara meliputi beberapa biro de perubahan, layanan bagasi , akses internet , toilet, kamar mandi , kapel dan ruang doa multi-agama untuk ibadah. Ada lebih dari 60 toko, bar , restoran dan kafe di seluruh bandara serta penyediaan ruang tunggu bandara .


Comments

Popular Posts